sastra bagiku duniaku, dan ilmu adalah mata keduaku. Jika aku kehilangan salah satu dari itu aku tiada. tak pernah diperhitungkan sebagai manusia beradab.Tak pernah dianggap ada karena semangat, percaya diri itu adalah motivasi keduaku setelah keberadaan Tuhanku. dan sesudah nasehat motivator sejatiku

5.09.2012

MAKALAH LINGKUNGAN HIDUP


Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan.


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Pada umumnya manusia bergantung pada keadaan lingkungan disekitarnya yaitu berupasumber daya alam yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari. Sumber daya alam yangutama bagi manusia adalah tanah, air, dan udara. Tanah merupakan tempat manusiauntuk melakukan berbagai kegiatan. Air sangat diperlukan oleh manusia sebagaikomponen terbesar dari tubuh manusia. Untuk menjaga keseimbangan, air sangatdibutuhkan dengan jumlah yang cukup banyak dan memiliki kualitas yang baik.
Selain itu, udara merupakan sumber oksigen yang alami bagi pernafasan manusia. Lingkunganyang sehat akanterwujud apabila manusia dan lingkungannya dalam kondisi yang baik.Lingkungan hidup di Indonesia perlu ditangani dikarenakan adanya beberapa faktor yangmempengaruhinya, salah satunya yaitu adanya masalah mengenai keadaan lingkungan hidup seperti kemerosotan atau degradasi yang terjadi di berbagai daerah. Secara garis besar komponen lingkungan dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok biotik (flora darat dan air, fauna darat dan air), kelompok abiotik ( sawah, air dan udara) dankelompok kultur (ekonomi, sosial, budaya serta kesehatan masyarakat)

B.    Perumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang yang telas dijelaskan, maka dapat dibuat perumusan masalah sebagai berikut:
1.      Manfaat apa saja pada lingkungan hidup?
2.      Usaha apa saja untuk melestariakan lingkungan hidup?
3.      Masalah apa saja yang terjadi pada lingkungan hidup? 
4.      Apa penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari masalah lingkungan hidup?
5.      Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah lingkungan hidup?

C.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan yang dari penulisan makalah ini yaitu dapat mengetahui pelestarian, manfaat dan masalah-masalah yang terjadi pada lingkungan hidup serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

D.    Metodelogi Penulisan
Pada pembuatan makalah ini metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitudari buku-buku mengenai lingkungan hidup dan data dari internet. Sehingga apabila dalam penulisan makalah ini ada kata-kata atau kalimat yang hampir sama dari sumber atau penulis lain harap dimaklumi dan merupakan unsur ketidaksengajaan.

E.     Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
B.     Perumusan Masalah
C.    Tujuan Penulisan
D.    Metodelogi Penulisan
E.     Sistematika penulisan.
BAB II PEMBAHASAN
A.     Arti Penting Lingkungan Hidup
B.     Manfaat Lingkungan Hidup
C.    Usaha – Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup
D.    Masalah – Masalah Pada Lingkungan Hidup
E.     Penyebab dan Dampak Masalah Lingkungan Hidup
F.     Upaya – Upaya Mengatasi Masalah Lingkungan Hidup
BAB III PENUTUP
A.     Kesimpulan
B.     Saran

 FULL MAKALAH DOWNLOAD HERE 



0 komentar :

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009