sastra bagiku duniaku, dan ilmu adalah mata keduaku. Jika aku kehilangan salah satu dari itu aku tiada. tak pernah diperhitungkan sebagai manusia beradab.Tak pernah dianggap ada karena semangat, percaya diri itu adalah motivasi keduaku setelah keberadaan Tuhanku. dan sesudah nasehat motivator sejatiku

2.22.2011

Solo "SPIRIT OF JAVA"

Setelah membahas history of Surakarta. Ga adil kalau ga bahas tentang Solo zaman sekarang yang pastinya Solo kini udah maju baik di perekonomian, tata kota serta arsitektur kota sendiri. Walau semua udah banyak kemajuan salah satu yang paling saya harus acungi jempol adalah masih melekatnya tradisi jawa dikota ini. Masih melekat dan kental tradisi dan budaya jawa. Seperti kalau bulan Sura dapat dipastikan acara kirab pusaka di istana mangkunegaran dan acara  kirab pusaka sendiri di Solo ga terlepas dengan Kota Wonogiri atau tepatnya di WGM tempat kirab pusaka. so well Solo memang mempunyai historis yang hebat tapi memang tak lepas dari keraton Jogjakarta. Come back to Solo city guys setelah Solo ditangani oleh Walikota Jokowi dan perangkat-perangkatnya Kota Solo semakin maju dan diakui menjadi salah satu aset berharga untuk wisatanya pasti. Letak Solo yang strategis sebagai kota transit maka dari itu solo ramai khalayak orang banyak. iyalah kalo sepi itu kuburan tapi kalo kuburan juga ga bener-bener sepi deh kalo siank hehew.....

berita yang masih segar dari kota solo. Solo menjadi kota pertama untuk perubah revolusi dengan perubahan trasportasi railbus keren kan??? Bus tingkat ini mirip bus sightseeing, dengan atap terbuka seperti di Tokyo, Singapura, Madrid, atau kota dunia lainnya. Bus ini digunakan untuk melongok situs menarik di Solo dengan sepandangan mata.Memang baru ada satu bus tingkat karena DPRD Kota Solo menolak alokasi anggaran lebih besar. Namun, tak mengapa, Solo tetap pionirnya, menjadi kota pertama dengan infrastruktur bus tingkat bagi turis yang mengunjungi kota itu.

Buruknya infrastruktur memang menjadi persoalan negeri ini, yakni bagi turis, terutama juga pebisnis, yang datang di suatu kota. Besar harapan, transportasi yang semakin prima mendatangkan pebisnis dan turis, dengan efek tumbuhnya perekonomian lokal. Dengan demikian, investasi Rp 16 miliar bagi railbus dan Rp 1,7 miliar bagi bus tingkat bisa balik modal sesegera mungkin. Setelah itu dana dapat digulirkan lagi untuk membangun transportasi umum lainnya.

Solo memang telah merajut mimpinya menjadi kota humanis, kota yang lebih baik bagi warganya. Jalur lambat di sisi selatan Jalan Slamet Riyadi, misalnya, telah diubah menjadi jalur pejalan kaki. Demikian pula trotoar dari Mangkunegaran menuju Jalan Slamet Riyadi juga diperlebar.Tanpa gembar-gembor, Solo menolak mengekor kesalahan Jakarta dalam mengatasi kemacetan. Joko Widodo tidak ingin Solo seperti Jakarta yang menderita kerugian Rp 35 triliun per tahun. Ia tidak ingin warganya menjadi tua di jalan.

Lima belas unit Trans-Batik Solo kini dijalankan Pemerintah Kota Solo dengan konsisten. Sebelumnya, Pemkot Solo telah membangun area traffic control berbiaya Rp 21 miliar dalam lima tahun untuk mengontrol lalu lintas. Di masa depan akan dipasang variable message sign untuk menghindari kemacetan.
Kini, Solo juga mulai memimpikan trem seiring rencana pembangunan rel dari Gladak-Pasar Gede-Stasiun Jebres. Nantinya ada jalur loop Stasiun Purwosari-Slamet Riyadi-Gladak-Pasar Gede-Stasiun Jebres-Stasiun Balapan.Boleh jadi, beberapa tahun mendatang kita sudah dapat naik trem di Solo, seperti trem Citadis di Barcelona, Madrid, Jerusalem, dan Istanbul. Kota menjadi lebih manusiawi, dengan berkurangnya emisi gas buang dan transportasi yang lancar.Bagaimana revolusi transportasi dapat dimulai dari Solo?

Tentu saja ini berkat kepemimpinan Jokowi—sapaan akrab Joko Widodo. Sebagai pengusaha, dia mengerti betul betapa kelancaran perdagangan perlu didukung transportasi mumpuni dan betapa ekonomi suatu kota meningkat bila kota itu diminati untuk bermukim dan berusaha. Suatu kondisi yang dimungkinkan bila mobilitas orang-barang tanpa hambatan.Jokowi juga mau mendengarkan ahli transportasi, seperti Djoko Setijowarno dari Unika Soegijapranata. Bila kota-kota lain ingin sehumanis Solo, tentu saja kini sudah ada laboratorium hidup Kota Solo. Datanglah ke Solo, pelajarilah, dan terapkanlah!

Dan taukah kalian bahwa walikota solo ini tak pernah liat amplop gajinya selama menjabat sebagai walikota 2 periode ini...lah mau liat gimana orang ga pernah ambil gaji. beda dengan  menteri menteri ya ....ga usah disebutin juga udah pada ngerti siapa seh yang menginginkan naik gaji akhir akhir ini yang digembor gemborkan.

Disolo banyak sekali festival yang mengangkat budaya neh contohna SOLO BATIK CARNIVAL. SOLO BATIK CARNIVAL ini merupakan festival batik yang digelar di kota solo tercinta.Untuk itu bahan yang digunakan para peserta semuanya juga batik. Tahun 2008 dan 2009 acara ini mampu menyedot perhatian ratusan ribu orang. SBC digelar untuk mengangkat citra batik dan Solo sebagai kota batik. Ratusan model akan memperagakan busana batik, kreasi mandiri peserta karnaval dalam tampilan dan desain yang makin atraktif, memikat dan berani. Ada lagi kalo bulan sura itu biasana ada sekatenan di alun - alun surakarta. yee kita bisa liat kebo putih. gw paling seneng cuma liat kebo putih cause ea unik aja bisa liat kebo warna putih ...hehehe halah gak nyambung


back to solo spirit of java..edisi depan
Read More : Solo "SPIRIT OF JAVA"

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009