sastra bagiku duniaku, dan ilmu adalah mata keduaku. Jika aku kehilangan salah satu dari itu aku tiada. tak pernah diperhitungkan sebagai manusia beradab.Tak pernah dianggap ada karena semangat, percaya diri itu adalah motivasi keduaku setelah keberadaan Tuhanku. dan sesudah nasehat motivator sejatiku

6.29.2010

Ilmuwan Temukan 450 Planet

Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Ternyata bukan hanya sembilan planet itu yang eksis di alam semesta. Sejak 1995, para peneliti menemukan sedikitnya 450 planet yang terletak di luar tata surya kita atau dikenal dengan nama eksoplanet.



Selain "anak baru" di kelas Hot Jupiters, ada beberapa planet lain yang memiliki keunikan tersendiri. Ada yang sudah sangat tua sampai ada yang mirip sekali dengan bumi. Primeval world, atau planet tertua yang usianya sekitar 12,7 miliar tahun. Para ilmuwan menduga planet tersebut terbentuk sebelum bumi, dan hanya selisih 2 miliar tahun dari kejadian Big Bang (ledakan besar, yang akhirnya membentuk planet dan benda angkasa lainnya di tata surya kita). Artinya, bisa diperkirakan bahwa kehidupan mungkin sudah terjadi lebih awal.
Ada planet 51 Pegasi b, yang mirip planet Jupiter. Planet dengan julukan Bellerphon ini memiliki suhu permukaan yang sangat panas dan terletak pada gugus bintang Pegasus. Nama Bellerphon, menurut mitos

Yunani, berarti pahlawan yang menjinakkan kuda bersayap Pegasus.
Sedangkan Gliese 581 C adalah eksoplanet yang sangat mirip bumi. Kendati memiliki rupa yang hampir sama dengan bumi, ukuran planet tersebut separuh lebih besar dan lima kali lebih padat ketimbang bumi. Para peneliti masih mendalami apakah ada kehidupan di planet "kembaran bumi" itu.

0 komentar :

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009